Kamis, 03 Maret 2011

Sistem Penunjang Keputusan

Sistem informasi untuk membantu manajer level menengah dalam pengambilan keputusan;
Mendukung dan meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajerial.
Peter G.Keen & Scott Morton (MIT)

SPK lebih fokus pada pemecahan masalah semistructured; yaitu adanya interfensi penggunaan komputer dan manajemen
Komponen dalam SPK terdiri dari model management; data management; yang kemudian menjadi dialog management, selanjutnya digunakan oleh USER

Komponen model management; merubah data menjadi informasi yang relevan (dynamic/linear)
Komponen data management; yaitu semua basis data yang dapat diakses
Komponen penunjang: teknologi software dan hardware (Access,dBase,Oracle dsb)

SPK: menggunakan database dan berbasis pemodelan.
Expert System: Knowledge base, berbasis pada konsultasi.

Dukungan:
problem khusus perusahaan; intelligence, design, choice, dan implementation;
mendukung keputusan setengah terstuktur;
mendukung keputusan individual manajer;
Akses on-line; spesifik; periode informasi,

Spk dibedakan menjadi
model driven DSS, dan data driven DSS
Spk era 1980 berbasis model driven (data terbatas)
Setelah era 90 berbasis model driven dengan mengandalkan data warehous

Tingkat kerumitan spk
1.mengambil elemen informasi;
2.analisis satu file;
3.laporan;
4.estimasi alternatif keputusan;
5.usulan solusi optimal;
6.keputusan. (steven L. Alter)

Pada data driven DSS, pengambilan datanya cukup besar OLAP (on-line analytical processing);
OLAP menggunakan DBMS;
Datamining, data warehouse, datamart (basis data yang terintegrasi).
Datamining; teknik menemukan pola dan hubungan antara item-item data di datawarehouse (salinan data)

Spk berbasis WEB
customer decision support systems (CDSS)
Group decision support system (GDSS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar